48 Pembina Pramuka SLB, SMA dan SMK Khusus Ikuti Bimtek Berjenjang 

  • Rabu, 31 Agustus 2022 - 18:30:54 WIB | Di Baca : 1441 Kali

 

Seriau,- Dinas Pendidikan Provinsi Riau mengelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kepramukaan Berjenjang PKPLK. Kegiatan bagi guru pembina pramuka di Sekolah Luar Biasa (SLB), SMA Khusus dan SMK Khusus ini berlangusng mulai tanggal 30 Agustus hingga 1 September.

Plt Kadisdik Riau diwakili Kabid PKPLK Disdik Riau Pahmijan.MPd mengatakan pramuka menjadi salah satu wadah untuk pembentukan karakter peserta didik. Tidak hanya pendidikan formal, tapi juga bagi sekolah khusus dan pendidikan layanan khusus. Makanya, Bimtek ini salah satu untuk melatih para pembina meneruskan semangat kepramukaan di SLB, SMA dan SMK.

" Dengan Bimtek ini kita akan mempersiapkan guru pembina pramuka yang mengerti tentang pengembangan pramuka untuk siswa sehingga pramuka kembali mengeliat di satuan pendidikan," kata Pahmijan, Selasa (30/8) malam di Hotel Furaya Pekanbaru.

Selain itu, kata Pahmijan, peserta diharapkan mampu memahami tugas dan tanggungjawabnya terhadap kegiatan pramuka. Kemudian, mengembangkan ektrakurikuler kepramukaan di sekolah khusus dan SLB yang ada di Riau." Pramuka jadi salah satu ekstrakurikuler andalan di sekolah. Namun pelaksanaan kegiatan kepramukaan dibutuhkan cara tersendiri," kata Pahmijan

Ketua Kwartir Pramuka Daerah Riau H Kasiarudin mengatakan gerakan pramuka di sekolah harus mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah. Sebab, tanpa dukungan daerah, gerakan pramuka tidak berjalan. Selain itu, sekolah harus menguatkan kembali pramuka." Saat ini pramuka disekolah telah menjadi ekstrakulikuler wajib bagi siswa. Pramuka disekolah harus terus dikembangkan," kata Kasiarudin.

Sementara itu ketua panitia kegiatan  Hj Elly Indrayani MPd, mengatakan
tujuan kegiatan ini guna memahami peran tugas dan tanggung jawab guru pembina pramuka di lembaga PKPLK. Meningkatkan pemahaman guru pembina pramuka dalam mengembangkan kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas kepramukaan.

Selain itu, juga untuk mengembangkan kegiatan ekstrakulikuler pramuka untuk guru pembina pramuka melalui perluasan minat pengembangan potensi  dan pemberian kesempatan untuk pembentukan karakter dan pelatihan kepramukaan

Jumlah peserta yang mengikuti Bimtek Kepramukaan Berjenjang PKPLK sebanyak 48 orang terdiri dari guru pembina SLB, SMA dan SMK se Provinsi Riau." Diharapkan gerakan pramuka dapat membentuk sstiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa berakhlak, berjiwa patriotik, tata hukum, disiplin , menjunjung tinggi nilai nilai luhur bangsa dan negara," kata Elly. (zal)





Berita Terkait

Tulis Komentar